Search for you

Result

Friday, September 12, 2008

SEO (Search Engine Optimization)

Setelah sekian lama tidak melakukan posting, ini posting saya yang saya janjikan setelah saya mempelajari tentang SEO.
Apakah anda telah mencoba mendaftar google adsense atau malah anda telah mendapatkan penghasilan dari google adsense?
Saya akan mencoba berbagi pengetahuan saya tentang SEO yang merupakan faktor penting dalam bisnis google adsense.
Baiklah kita mulai saja. Setelah anda memiliki web/blog yang telah anda tempatkan google adsense, bukan berarti setelah itu anda akan mendapat penghasilan ratusan atau bahkan ribuan dollar tiap bulan hanya dengan menunggu. Semua itu hanya akan terjadi dalam mimpi anda. Percuma anda memiliki web/blog dengan adsense didalamnya jika web/blog anda tidak memiliki pengunjung. Meski anda memiliki 10 atau mungkin 20 web/blog dengan adsense didalamnya tapi tidak satupun web/blog anda dikunjungi orang maka penghasilan anda tetap $0.0. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan setelah anda memiliki web/blog dengan adsense didalamnya adalah menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke web/blog anda. Ingat rumus More traffic=More earning. Maksudnya semakin banyak pengunjung web/blog anda maka semakin banyak penghasilan anda. Apa yang harus anda lakukan agar web/blog anda memiliki banyak pengunjung? Jawabannya cuma satu "Promosi". Ya anda perlu melakukan yang namanya promosi. Promosi ini ada banyak cara. Anda bisa promosi offline dengan cara mempromosikan kepada teman-teman atau kolega anda. Atau anda juga dapat melakukan promosi online dari internet. Bisa dari chat, email, web lain, forum, komunitas tertentu, atau anda juga bisa memasang web/blog anda dalam signature anda dalam hal apapun. Layaknya sebagai kartu nama anda. Namun hal itu belum cukup untuk mendatangkan pengunjung yang banyak. Jika anda serius dalam bisnis ini anda perlu mempelajari yang namanya SEO. Saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya tentang SEO ini.
SEO pada prinsipnya adalah memaksimalkan web/blog anda dalam suatu search engine seperti google, yahoo atau MSN. Maksudnya adalah anda membuat web/blog anda menjadi web/blog yang pertama muncul pada halaman google, yahoo atau MSN ketika seseorang melakukan search. Dengan begitu maka web/blog anda akan menjadi web/blog yang pertama dibuka oleh si pencari tersebut. Ada tahapan-tahapan yang harus anda lakukan untuk melakukan SEO ini. Saya akan coba menjelaskan langkah demi langkahnya.

1. Keyword optimization
Seperti sudah dijelaskan pada posting saya sebelumnya bahwa anda perlu memiki keyword yang berkualitas. Bagimana caranya anda dapat memilih keyword yang berkualitas?. Pertama anda tentukan content atau topik pada web/blog anda. Misalnya web/blog anda membahas tentang beasiswa. Maka keyword anda sesuatu yang berhubungan dengan beasiswa. Untuk mendapat keyword yang berkualitas maka anda perlu melakukan penelitian terhadap keyword tersebut. Baiklah saya akan menjelaskan langkah-langkahnya:
  • Anda meneliti keyword tersebut di (search) berapa kali tiap bulannya. Caranya anda kunjungi www.kunjungisitusini.com/overture. Kemudian anda masukan keyword "beasiswa". Maka akan muncul ratusan kata yang berhubungan dengan beasiswa.
  • Kata yang muncul bukan hanya dalam bentuk satu kata tapi juga dalam bentuk frase. Kemudian anda pilih beberapa keyword yang paling banyak di(search).
  • Anda masukan dalam suatu tabel dengan kolom pertama adalah nama keyword, kolom kedua adalah jumlah (search) tiap bulan. Selanjutnya anda masukan keyword tersebut dalam search engine google atau yahoo atau MSN. Maksudnya anda melakukan search dengan keyword-keyword tersebut. Anda bisa lihat hasil pencarian dari masing-masing keyword. Misalnya keyword anda "Beasiswa di amerika" dan hasil pencarian, bisa anda lihat pada bar kanan atas, misalnya hasilnya 139.000. Begitu selanjutnya anda melakukan search masing-masing keyword dan anda catat hasilnya pada kolom ketiga catatan anda.
  • Selanjutnya anda bisa mengeliminasi kembali keyword-keyword anda dengan melihat perbandingan yang relevan terhadap banyaknya pencari dengan hasil pencarian. Untuk apa anda melakukan ini. Ini untuk mengeliminasi keyword anda yang terlalu banyak memiliki saingan. Anda tidak akan bisa bersaing dengan 139.000 web/blog lain jika ternyata pencari keywordnya hanya 1000 orang. Saya yakin anda pasti mengerti maksud saya. Baik selanjutnya setelah anda memiliki keyword yang memiliki perbandingan relevan, anda perlu melakukan eliminasi lanjutan agar anda betul-betul mendapatkan keyword yang berkualitas.
  • Anda Perlu melakukan penelitian berapa banyak iklan (ads) dari masing-masing keyword. Caranya pada saat anda melakukan search akan muncul pada bagian kanan atau bagian paling atas hasil pencarian yang diatasnya terdapat kata "sponsor link". Itu artinya web/blog yang muncul tersebut adalah pengiklan dengan Adword. Tentang adword saya tidak akan jelaskan disini. Anda hitung jumlah pengiklan tersebut. masukan datanya pada kolom ke-empat catatan anda dengan diberi judul jumlah ads. Selanjutnya anda eliminasi keyword yang memiliki jumlah ads yang terlalu banyak (pilih keyword dengan ads paling sedikit).
  • Selanjutnya anda telah menemukan keyword dengan kualitas bagus. Anda pilih 3 keyword terbaik.
  • Untuk lebih memudahkan anda, anda dapat memanfaatkan tools nya yang bisa anda download disini good keyword.
Selanjutnya tentang Optimization Offpage dengan backlink dan Oftimization Onpage.

Tapi untuk saat ini saya cukupkan disini. Untuk penjelasan SEO selanjutnya akan saya jelaskan pada posting saya selanjutnya.
Good luck!!

3 comments:

huaryu said...

Hmmm hemmm... Pengend twuh c gw jg dpat koceck dari internet. Situ udah kaya ya? Bagi- bagi atuuh! Ato ga, bgus-bgusin blog aq lah. Haha. Eh kalo ada form stan, kirimin k imel aq yak secepatnya. Hoho. Bner neh tangan'y patah? Kalo bner, kasiaaan! Get well soon yaaa... :-) btw aq ngsh koment'y d sni, bis kalo d fs bosen.

aa Indra said...

SEO...itu yg aku cari..
susah2 gampang..ntar kasih tau ilmunya ya..

Diky8 said...

What is work?